Panduan SEO On Page Website

Panduan SEO On Page Website
April 25, 2019 grabessentials
tips seo on page website

Tahukah Anda bahwa terdapat lima komponen dalam proses optimasi seo on page, yang mana kelima komponen tersebut menjadi poin untuk bisa dikembangkan. Bahkan 5 komponen tersebut juga menjadi faktor penentu terhadap beberapa faktor yang lainnya. Di antara 5 komponen tersebut yaitu:

  • Konten
  • Heading
  • URL & Permalink
  • Judul
  • Gambar

1. Konten

Inti dari seluruh artikel memang terletak pada kontennya. untuk konten yang memiliki kualitas baik maka akan membuat para pengunjung website tersebut betah berlama-lama membaca. Bahkan terkadang konten ini juga memiliki peran yang banyak guna penyebaran artikel milik Anda.

Perlu Anda ketahui bahwasannya algoritma Google saat ini telah mempertimbangkan pada seluruh isi konten untuk setiap hasil mesin pencarian yang telah dilakukan pengunjung. Tentunya konten yang relevanlah yang bisa menaikkan nilai SEO pada konten Anda. Di samping itu tapi yang dibahas juga sesuai. Dengan begitu maka akan mendapatkan posisi teratas pada pencarian Google.

2. Heading

Heading yang merupakan suatu format teks yang dipakai untuk menandai bagian yang ada di dalam artikel. Ketika Anda menambahkan heading pada artikel Anda maka hal tersebut adalah salah satu bagian dari cara untuk optimasi SEO on page website. Terdapat menu pengaturan format ketika Anda mengedit suatu artikel.

Sedangkan Google sendiri lebih memperhatikan type heading 1 sampai dengan 3. Sehingga dapat diketahui bahwa heading juga merupakan salah satu bagian terpenting daripada peningkatan kualitas nilai pada konten Anda. Lalu bagaimanakah perbedaan pada setiap heading?

  • H1,  dipakai untuk penanda pada topik utama
  • H2,  dipakai untuk sub topik
  • H3,  digunakan untuk menerangkan rincian dari subtopik

Fungsi heading paling utama yaitu untuk memudahkan para pengunjung website untuk membaca dari keseluruhan isi artikel milik Anda. Apabila memakai heading, maka pada setiap bagian isi konten dapat dipisah-pisah sesuai dengan masing-masing topik.

3. URL & Permalink

Ketika Anda membuka salah satu website di internet tentunya pada setiap artikelnya terdapat alamat URL yang beda-berbeda. Bahkan terkadang juga ada yang memakai simbolik serta menggunakan judul dari pada artikel tersebut.

Nah, untuk memaksimalkan SEO maka Anda disarankan untuk menggunakan URL atau permalink yang di dalamnya terkandung keyword. Misalnya contoh artikel yang menggunakan URL www domainnama.com/panduan-seo-on-page-website. Pada url tersebut tidak memakai kata “dan” sebab kata tersebut adalah “stop word” atau merupakan “kata dasar” yang tidak akan memberikan pengaruh pada SEO konten.

Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika mengatur URL.

  • Hapus kata dasar
  • Pakai URL pendek
  • Sambungkan setiap kata dengan memakai tanda penghubung yaitu (“-”)
  • Tempatkan keyword di URL

4. Judul

Ketika Anda telah menemukan keyword yang tepat maka Anda harus menentukan judul yang sesuai dengan keyword yang Anda pakai tersebut. usahakan juga saat membuat judul tetap mengandung keyword. Di samping itu, judul yang Anda gunakan juga harus menarik dan menjadi daya tarik pada pengunjung website Anda serta Anda bisa mendeskripsikan isi konten tersebut secara luas.

5. Gambar

Komponen yang terakhir untuk meningkatkan nilai SEO on page website yaitu gambar. Ada daya tarik yang lain daripada sebuah konten yaitu terdapat gambar di dalam artikel sehingga akan membuat tampilannya menjadi lebih segar dan menarik. Gambar ini juga akan membantu para pengunjung yang mencari konten yang mengarah ke panduan. Sebagian besar orang memang akan lebih suka melihat artikel yang di dalamnya terdapat gambar sebab akan mudah diikuti serta enak dilihat. Sebaiknya gambar yang ditambahkan pada konten juga berisikan grafik.

Nah, itulah tadi panduan mengenai SEO on page website. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan memberikan nilai peningkatan pada SEO website Anda.

1
Hi, can we help you?
Powered by